Kamis, 01 Desember 2011

Kumpulan tips cara menghilangkan Blue Screen Of Death BSOD (layar biru) Read more: http://repostkaskus.blogspot.com/2011/09/kumpulan-tips-cara-menghilangkan-blue.html#ixzz1fMFUcMNg

cara 1


Bagi agan2 yang pernah mengalami bluescreen, mungkin sedikit kesal karena informasi yang diberikan atas penyebab bluescreen kurang lengkap.

Sewaktu itu laptop saya sering bluescreen dan setelah mencari di forum2, ada sebuah software gratis yang akan memberikan info seputar blueScreen setelah laptop/ komputer kembali dinyalakan.

berikut link untuk mendownload software tersebut :
http://www.nirsoft.net/utils/blue_screen_view.html


Spoiler for screenshot software(update):




Spoiler for cara penggunaan:

setelah dibuka maka akan muncul beberapa dumpfiles blueScreen (bagian atas ---> mini*.dmp)
silahkan click salah satu yang agan mau tau penyebabnya

click icon save, setelah itu data tentang bluescreen akan disave dalam format *.txt

Silahkan buka file tersebut


sebagai tambahan, setelah anda menginstall dan melihat hasil laporan bluescreen dari sana, lihat pada bagian "Caused by driver : ..." dan segeralah cari di Google apa peranan driver tersebut.

Apabila driver yang menyebabkan adalah halmacpi.dll (sama seperti kasus laptop saya) maka penyebabnya adalah prosesor/OS tidak dapat menerjemahkan prosesor dengan baik.

Setelah saya ganti prosesor sudah tidak pernah blueScreen


cara 2



Mengatasi Blue Screen Of Death pada Windows XP,Windows Vista,Windows 7
Berikut Tipe-TIPE Atau KODE-KODE layar birunya,sumber masalahnya, dan Penanganannya.

1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL

Spoiler for MENGATASI BLUE SCREEN IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL:

Layar biru ini paling sering tenar karena plng sering muncul. Penyebabbya Karena MASALAH DRIVER YG TIDAK COCOK maupun BENTROK. Tapi layar biru ini bisa juga disebabkan oleh OVERCLOCK KARTU GRAFIS YG BERLEBIHAN.
Solusinya Coba analisa apakah anda harus ganti kartu grafis anda dengan yg baru? Apabila iya, pastikan driver VGA yg lama diHAPUS sebelum instal driver kartu grafis yg baru. PASTIKAN DRIVER memang cocok dng kartu grafis milik anda. Apabila lyr biru ini msh terjadi karena anda MENAIKKAN CLOCK VGA anda, mka COBA TURUNKAN CLOCK VGA tersebut


2. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

Spoiler for MENGATASI BLUE SCREEN INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE:

Layar biru ini muncul karena adanya KESALAHAN PADA KONFIGURASI JUMPER HARDDISK. Selain itu, VIRUS dalam BOOT SECTOR,Driver IDE Controller YG SALAH, Atau KESALAHAN DRIVER CHIPSET juga bisa jg biang keladi. Solusinya Periksa JUMPER pd Hard Disk. Pastikan Konfigurasi MASTER atau SLAVE. Biasanya sich untuk konfigurasi SLAVE, Anda cukup mencopot saja Jumpernya.


3. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM

Spoiler for MENGATASI BLUE SCREEN NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM:


Dari Pesan errornya saja sudah terbayang penyebab terjadinya layar biru ini. Layar biru tersebut muncul karena FILE SYSTEM YG RUSAK PADA HARD DISK.
Solusinya = Coba periksa HARD DISK dng membuka Windows Explorer. Klik Kanan pd DRIVE HARD DISK, Lalu klik "PROPERTIES", Klik"TOOLS", Lalu Klik "CHECK NOW" . Pada Tab "ERROR CHECKING", beri TANDA CENTANG pd Kedua Opsi Tersebut , Lalu Klik "OK" .Resrtart PC.

Coba Periksa "KABEL HARD DISK". Apakah sudah terpasang dgn benar.
kalau layar biru ini masih jg MUNCUL cba software yg berguna untuk memperbaiki File System yg rusak Seperti Partition Table Doctor.


4. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP

Spoiler for MENGATASI BLUE SCREEN UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP:


Layar biru ini disebabkan oleh ADANYA OVERCLOCK YG BERLEBIHAN, MEMORI YG BERMASALAH, atau BIOS YG NGACO. Hal ini bisa disebabkan oleh KOMPONEN KOMPUTER YG TERLALU PANAS.

Solusinya= Turunkan CLOCK PROCIE dan VGA. Periksa jg KECEPATAN KIPAS PROCIE dan VGA. Jika Putaran kipasnya sudah LEMAHmaka anda harus mengganti kipas-kipas tersebut.

Apabila layar biru ini disebabkan oleh BIOS YG NGACO, Maka UPDATE BIOS anda. JANGAN LUPA PASTIKAN BIOS YG BARU KOMPATIBEL DNG MOBO ANDA .

Periksa jg RAM. Anda bisa jg memakai Software Penguji Memori seperti Memtest86. Apabila terdeteksi RAM yg Bermasalah dr Pengujiantersebut, Maka GANTILAH RAM tersebut. Sebelum mengganti RAM jgn lupa Perhatikan JENIS SOKET DAN KECEPATAN CLOCKNYA.


5. UNABLE_TO_LOCATE_DLL

Spoiler for MENGATASSI BLUE SCREEN UNABLE_TO_LOCATE_DLL:


Penyebabnya adalah KEGAGALAN WINDOWS dlm MENGEKSEKUSI FILE DDL. Bisa jg karena FILE DLL YG HILANG maupun RUSAK. Penyebab lainnya adalah Adanya FILE REGISTRI YG TERGANGGU.

Solusinya= Anda perlu mempersiapkan CD Intalasi Windows untuk memperbaiki layar biru ini. BOOT dengan CD, Lalu PILIH "REPAIR".


6. UNKNOWN_HARD_ERROR

Spoiler for MENGATASI LAYAR BIRU UNKNOWN_HARD_ERROR:


File Penting REGISTRI tdk bisa dijalankan karena file tersebut RUSAK atau HILANG. File bisa Rusak dan Hilang karena HARD DISK RUSAK.
Bisa juga layar biru ini muncul karena MEMORI TEMPAT REGISTRI tersebut dieksekusi Mempunyai PARITY ERROR.

Solusinya= Perikas RAM dengan software penguji error pd ram. Lalu COPOT RAM yg bermasalah. JANGAN LUPA UNTUK MEMBERSIHKAN SOKET dan PIN-PIN RAM. Jika layar biru ini masih terjadi coba Perbaiki Windows dengan CD intalasinnya. Jika layar biru ini masih Terjadi jgMAKA GANTI RAM DENGAN YG BARU.


7. STATUS_IMAGE_CHECKSUM__MISMATCH

Spoiler for MENGATASI BLUE SCREEN STATUS_IMAGE_CHECKSUM__MISMATCH:


Pesan seperti ini menandakan adanya masalah pd DRIVER. Selain masalah pd driver, error itu bisa jg disebabkan oleh File System Yg Bermasalah, Page File Yg Rusak, atau Kerusakan Hardware.
Hardware itu biasanya MEMORI atau HAR DISK.


8. BAD_SYSTEM_CONFIG_INFO

Spoiler for MENGATASI BLUE SCREEN BAD_SYSTEM_CONFIG_INFO:


Layar biru ini disebabkan File Registri yg rusak. RAM yg bermasalah bisa jg menyebabkan layar biru ini.

Solusinya= Coba periksa SOCKET dan PIN RAM. Sekalian BERSIHKAN SAJA. Kalau sudah Pasang kembali, Jika layar biru ini masih terjadi lagi COBA COPOT SALAH SATU RAM. Kalau error berhenti, MEMORI YG ANDA COPOT ITU BERMASALAH. Kalau Masih error juga coba pasang lg memori yg dicopot td dan lepas memori yg satu lg untuk memeriksa mana memori yg error. KALAU MASIH ERROR JG SLOT MEMORI atau KEDUA MEMORI TERSEBUT BERMASALAH.


9. PAGE_FAULT_INONPAGED_AREA

Spoiler for MENGATASI BLUE SCREEN PAGE_FAULT_INONPAGED_AREA:

Layar Biru ini keluar karena adanya KERUSAKAN HARDWARE. Seperti HARD DISK, MEMORI, atau VGA. Oh iya, RUSAKNYA L2 CHACHE pd PROCIE jg penyebab layar biru ini.

Solusinya = Kalau bukan GANTI atau SERVIS KOMPONEN yg Rusak td.



10. DATA_BUS_ERROR

Spoiler for MENGATASI BLUE SCREEN DATA_BUS_ERROR:


Data Bus error bisa disebabkan oleh Beberapa Faktor. Di Antaranya ialah CACATNYA RAM, L2 CACHE RAM, VGA. Bisa jg disebabkan olehCLOCK RAM YG TIDAK SAMA. MBR (Master Boot Record) yg diserang oleh Virus jg bisa menjadi salah satu penyebab layar biru ini.

solusinya= Menggunakan RAM dengan CLOCK YG SAMA, SCAN HARD DISK dengan AntiVirus, Perbaiki MBR dengan CD Installer Windows.


11. STATUS_SYSTEM_PROCESS_TERMINATED

Spoiler for MENGATASI BLUE SCREEN STATUS_SYSTEM_PROCESS_TERMINATED:


Penyebab pesan ini muncul adalah terganggunya proses penting seperti WINLOGON atau CSRRS. Windows Tidak MAMPU Beroperasi karena Proses tersebut terganggu.
Malware juga bisa jd penyebab layar biru ini muncul.

Solusinya= Anda Bisa melakukan SYSTEM RESTORE pd SAFE MODE. Opsi lain Anda bisa memperbaiki Windows dengan CD Installernya.Tentu kalau ada Malware, bersihkan Pula Malwarenya.


SEBAGIAN BESAR DARI FAKTOR MUNCULNYA PESAN LAYAR BIRU ADALAH KERUSAKAN ATAU CACATNYA KOMPONEN HARDWARE.
TETAPI TIDAK JARANG JUGA MSALAH MUNCUL KARENA FAKTOR LAINNYA SEPERTI: KERUSAKAN REGISTRI, SERANGAN OLEH VIRUS DAN DRIVER YANG TERINSTAL TIDAK KOMPATIBEL DENGAN PC ANDA.

Quote:
Originally Posted by egakoh
UNMOUNTABLE_BOOT_VOLUME

sebab : harddisk error

penyelesaian : pake bootable windows , masuk ke recovery console , pake command chkdsk abis itu fixboot
Tambahan dari agan egakoh...
Quote:
Originally Posted by egakoh
more inpohh

disini
Diisitus itu dikasih tau jenis2 BSOD'NYA.

Update dari agan boodywoodpecker....
Quote:
Originally Posted by boodywoodpecker
biar ga Bluescreen ,pake Redscreen aja gan ato warna yg laen..
katanya Bluescreen jg bisa diganti warnanya jd Warna2 pilihan ya dgn modifikasi kernel kode dan bla bla bla..cmmiw
tp itu bkn solusi 2 just for fun..
Spoiler for Red/Greenscreen:


Spoiler for Red/Greenscreen:


Spoiler for kaya gini:


dan utk kode hexadesimal yg laen:

@TS Thanks udah share,berguna bgt buat newbi kaya ane gini ,kpn2 ane konsult klo ada masalah okeh
cara 3

Masih tentang BlueScreen...
Si layar biru yang menyebalkan ini atau istilah kerennya “Blue Screen Of Death”terjadi karena adanya critical error pada Sistem Operasi Windows yang menyebabkan semua aplikasi yang sedang berjalan terpaksa harus dihentikan. Dalam kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman tentang beberapa tips cara memperbaiki komputer yang mengalami BlueScreen, berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami, semoga ada manfaatnya.

Tips cara Memperbaiki Blue Screen Of Death (BSOD) pada Komputer :

1. Periksa Kondisi Komputer Secara Umum

Sebelum melakukan troubleshooting lebih lanjut, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memeriksa kondisi komputer secara umum, diantaranya adalah :
Periksa kebersihan didalam Casing CPU. Bersihkan debu dan kotoran lainnya bisa denga kuas dan vacuum cleaner, bila perlu siapkan electrical contact cleaner untuk membersihkan Motherboard.
Periksa kondisi suhu tiap-tiap komponen seperti Power Supply ( pastikan fan berputar secara normal), VGA Card dan Heatsink Processor.
Pastikan berbagai komponen (seperti RAM, VGA Card, konektor IDE / SATA, konektor Power Supply, dll) sudah terpasang dengan benar, untuk memastikannya bisa dengan mencabut dan memasangnya kembali.
Bila Anda baru saja memasang komponen hardware baru (misal VGA Card), cabut aja dulu dan coba jalankan komputer kali aja peyebab BlueScreen dari kompone tersebut.
2. Gunakan Mode “Safe Mode “

Langkah selanjutnya adalah menjalankan Windows dalam Mode "Safe Mode", yaitu dengan menekan berulang-ulang tombol F8 pada saat sistem start up. Setelah Windows berhasil masuk ke Safe Mode, lakukan beberapa troubleshooting berikut:
Bersihkan hardisk dari antivirus, mallware & spyware dengan cara menjalankan program virus scanner , misalnya Norman Anti Mallware.
Uninstall Driver yang bermasalah, caranya dengan masuk ke jendela Computer Management klik Device Manager dan carilah komponen yang ada tanda serunya, atau driver komponen yang baru saja diinstall atau diupdate.
Bila perlu uninstall dulu program antivirus yang terpasang, bila kondisi kondisi komputer sudah normal bisa diinstall lagi dan pastikan database engine-ya selalu up to date.
Kita juga bisa menggunakan utility “System Restore” untuk mengembalikan setingan computer ke kondisi sebelumnya. Caranya klik Start, All Program , Accessories, System Tools, System Restore.
3. Periksa Kondisi Hardisk
Kondisi hardisk yang bad juga bisa mengakibatkan terjadinya BlueScreen, oleh karena itu periksa kondisi hardisk dengan menjalankan perintah CHKDSK. Jalankan juga program Defragmentasi Hardisk untuk memastikan hardisk bekerja secara optimal.
4. Periksa Kondisi Memori / RAM
Periksa kondisi Memori / RAM, pastikan telah terpasang dengan benar, dan jalankan program utuk memeriksa kondisi Memori misalnya “Windows Memory Diagnostic”.
5. Repair Sistem Operasi Windows.
Adakalanya BlueScreen terjadi karena ada beberapa file Windows yang corrupt, untuk mengatasinya cara yang paling gampang adalah dengan melakukan Repair pada sistem operasi Windows kesayangan Anda tersebut.
6. Gunakanlah Tools untuk menganalisa Penyebab Terjadinya BlueScreen.
Carilah Dump File pada hardisk komputer yang mengalami BlueScreen, biasanya di C:\WINDOWS\Minidump lalu copy ke komputer kita dan jalankan aplikasi WhoCrashed atau BlueScreenView untuk mencari peyebab BlueScreen.


Read more: http://repostkaskus.blogspot.com/2011/09/kumpulan-tips-cara-menghilangkan-blue.html#ixzz1fMFOfcOi

3 komentar:

  1. terima kasih banget bos infonya, akhirnya masalah saya terselesaikan.

    www.unikgaul.com

    BalasHapus
  2. Mantap dh GAN msalah ku dh kelar nie hehe Semoga maju nie bLOG

    BalasHapus
  3. yang masalah bad_system_config itu masalahnya ram atau hardisk?terima kasih

    BalasHapus