Jumat, 02 Desember 2011

cara membentuk otot punggung

Otot punggung merupakan kumpulan otot yang akan memberi tubuh Anda definisi yang jelas dan tampilan yang membuat tubuh Anda terlihat tegap. Ketika melatih otot punggung Anda, seperti otot lainnya, Anda harus menggunakan beban terberat yang kuat Anda angkat sebanyak 6-8 repetisi. Memiliki otot punggung yang lebar, definitif dan seperti membentuk huruf V penting untuk Anda yang menginginkan tubuh binaragawan. Otot inilah yang membentuk badan Anda terlihat simetris.

Untuk membentuk otot punggung yang kuat, latihlah punggung Anda dengan benar. Ada tiga bagian dasar dari otot punggung yaitu punggung atas, tengah dan bawah. Untuk membuat otot punggung Anda besar secara merata, Anda perlu melatih setiap bagian otot ini dengan benar.

Percaya atau tidak, sebagian besar kesalahan yang terjadi adalah biasanya orang-orang berlatih punggung dan sama sekali melewatkan lower back atau otot punggung bawah. Yang merupakan bagian penting untuk menjaga dan menstabilkan otot bagian atas. Otot punggung bawah yang tidak berkembang akan membuat postur Anda menjadi lebih jelek. Atau lebih buruk lagi, cedera otot punggung. Sebagai contoh, melakukan gerakan yang membebani punggung Anda seperti standing military press, atau latihan lain ketika otot punggung bawah Anda lemah dapat meningkatkan resiko cedera yang Anda miliki. Ketika Anda mengalami cedera otot punggung yang serius, cedera tersebut akan cenderung ikut bersama Anda seumur hidup.

Otot latissimus dorsi haruslah dikembangkan secara optimal untuk membuat otot punggung Anda melebar menjadi bentuk V dan serasi dengan otot lainnya. Otot trapezius tengah dan bawah sebaiknya berkembang melebihi jalur tulang belakang Anda dan memiliki massa yang besar. Otot lower back yang berkembang akan memberi Anda stabilitas dan memungkinkan Anda untuk menggunakan beban yang lebih berat. Kelebihan memiliki otot punggung yang besar adalah karena otot punggung merupakan fondasi untuk membentuk otot yang lain. Semakin besar otot back Anda, Anda dapat membentuk otot dada, bahu dan tangan dengan lebih mudah dan aman.

Gunakan beban maksimum dengan mengkonsentrasikan pada gerakan yang benar. Dan gunakan gerakan curang atau cheating techniques untuk semua latihan beban yang berat khususnya seated row untuk membentuk otot punggung. Untuk membentuk otot punggung atas yang lebar, gunakan wide grip pull up. Ketika Anda melakukan repetisi 6-8 dengan mudah, saatnya untuk menambah beban. Gunakan power straps untuk membantu konsentrasi Anda dalam mendapatkan repetisi tambahan dan menambah kekuatan pegangan Anda. Latihan lain yang bagus untuk mengembangkan otot punggung adalah seated cable row. Anda dapat menggunakan beban yang berat untuk latihan ini.

Latihan yang berguna untuk mengembangkan otot punggung bawah adalah deadlift. Gunakan beban biasa sampai Anda menguasai dengan benar latihan ini. Setelah Anda dapat melakukan gerakan ini dengan benar barulah tambah beban yang Anda gunakan. Jangan memiringkan tubuh Anda ketika berlatih deadlift, hal ini akan membuat Anda mengalami cedera. Dan gunakan kaki Anda untuk membantu mengangkat beban pertama kali dan tarik otot punggung bawah Anda untuk menyelesaikan gerakan. Lihat ke depan setiap saat.

Terakhir, untuk mengembangkan otot punggung bawah dan tengah, lakukan latihan shrugs dengan beban berat. Gunakan dumbbell karena dengan dumbbell Anda memiliki gerakan dengan fleksibilitas lebih tinggi yang berguna membantu Anda untuk mendapatkan massa otot lebih banyak. Jangan memutar bahu Anda ketika melakukan latihan ini karena dapat membuat otot syaraf Anda terjepit.

Berikut adalah salah satu contoh latihan otot punggung, otot bahu dan trapezius.
Dumbbell Press – 3 set, 8 repetisi
Military Press - 3 set, 6-8 repetisi
Deadlift – 3 set, 10 repetisi
Wide Grip Pull Up – 3 set. 8 repetisi
Seated Cable Row - 4 set, 8 repetisi
Lying Lateral Raise - 2 set, 10 repetisi
Front Pulldown - 3 sets, 8 repetisi
Side Lateral Raise - 3 sets, 8 repetisi
Rear Delt Lateral - 4 set , 8 repetisi
Shoulder Shrug - 3 set, 30 repetisi

Sumber :http://duniafitnes.com/fitness-2/dapatkan-otot-punggung-fantastis-mulai-dari-sekarang.html

1 komentar: