Kamis, 01 Desember 2011

Kehidupan di balik Rutan Salemba + video

Eks Napi Videokan 'Kerasnya' Rutan Salemba
Dirjen Pas: Kita Akan Kaji



Mau di bawa kemana negara ini............???
Quote:
Jakarta - Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas) kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum dan HAM), Sihabuddin, mengaku tidak tahu menahu mengenai video 'kerasnya' kehidupan di balik Rutan Salemba. Video itu direkam mantan napi, Syaripudin S Pane pada 2008.

"Itu di luar kendali saya. Saya sendiri baru dua bulan menjabat sebagai Dirjen Pemasyarakatan," kata Sihabuddin usai acara pisah sambut pejabat Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, di Jl MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (15/11).

Meski demikian, Sihabuddin berjanji menindaklanjuti informasi tersebut. "Kita akan kaji informasi tersebut. Saya telusuri seberapa jauh kebenarannya, Insya Allah akan saya sikapi," ujarnya.

Sebanyak 27 penggalan rekaman video amatir yang didapatkan detikcom mengenai kehidupan di dalam Rutan Salemba tahun 2008 dari seorang mantan napi kasus penipuan, menggambarkan bagimana ribuan penghuni penjara hidup di balik tembok Salemba.

Di dalam video tersebut terlihat bagaimana perlakukan khusus diberikan kepada napi kasus korupsi dan napi serta tahanan pidana umum. Bagi para korupsi, meski berada di dalam penjara, perlakuan khusus tetap dapat mereka nikmati.

Bukan hanya itu, video tersebut menggambarkan betapa bebasnya para tahanan bermain telepon genggam, bermain judi koprok, penyewaan toilet, dan ruang pelampiasan hasrat seks di dalam penjara.

Khusus mengenai penyewaan ruang untuk melakukan hubungan suami-istri, Sihabuddin tidak menampiknya. "Cerita soal itu sejak sudah ada sejak zaman dulu," jelasnya.

Sihabuddin mengatakan, meski apa yang direkam oleh Syaripudin dan diumbar ke publik menjadi besar, sensitif, dan vulgar, maka pihaknya akan menuntut balik.

"Masalah ini bila dianggap sensitif, besar dan vulgar kami bisa menuntut balik ke mereka (perekam)," ujar Sihabuddin.

Disinggung apakah pihaknya akan memproses pejabat Rutan Salemba yang saat itu terkait video yang direkam Syaripudin, Sihabuddin mengatakan bila pemeriksaan kepada pihak yang bertanggungjawab tidak serta merta begitu saja dilakukan.

"Pemeriksaan tidak ujug-ujug diperiksa, harus melalui proses," ujarnya
sumber




Spoiler for here:





sumber kaskus


Read more: http://repostkaskus.blogspot.com/2011/11/kehidupan-di-balik-rutan-salemba.html#ixzz1fMGkdRKC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar