Jumat, 02 Desember 2011

7 Kelpmpok otot Besar

Kita akan membahas kelompok otot besar yang ada pada tubuh kita dan latihan-latihan dasar yang membentuknya.

Kelompok otot sendiri kita bagi menjadi otot atas dan otot bawah dimana pemisahnya adalah pinggang. Seringkali seorang pemula memulai latihan yang difokuskan hanya satu atau dua bagian otot setiap kali latihan. Sangat disayangkan karena bukan saja ototnya akan kelelahan, tetapi juga otot lainnya yang menunjang malah tidak berkembang sehingga tidak terjadi pembentukan otot yang diinginkan. Disini akan dibahas otot bagian atas saja.
Deltoid
Salah satu otot yang bias menambah ukuran tubuh anda adalah deltoid. Otot ini adalah otot bahu. Otot deltoid yang terbentuk baik akan membuat penampilan anda seketika menjadi lebih besar. Otot deltoid juga membuat tubuh bagian atas bisa membentuk V dan membentuk penampilan bahu yang lebar.
Dada
Kelompok otot dada yang paling penting adalah otot pectoral dan otot ini terbagi menjadi otot pectoral dalam dan luar. Ini adalah bagian otot yang sering menjadi favorit bagi para pria untuk dilatih.
Trapezius
Bagi para pemula yang bertubuh kurus, seringkali otot ini tidak diperhatikan, padahal bagian ini akan membuat badan tidak terlihat terlalu kurus. Otot ini ketika terbentuk akan membentuk seperti segitiga dari leher atas ke bahu sehingga leher yang pertamanya terlihat panjang karena kurus akan terlihat lebih pendek. Otot ini jelas penting bagi pemula.
Latissimus Dorsi
Ini adalah bagian otot yang akan membuat anda terlihat sangat bagus secara keseluruhan, bahkan tanpa perlu anda melepas baju anda. Karena otot punggung ini akan membentuk tubuh anda menjadi V dimana besar dibagian dekat lengan dan kecil dibagian pinggang.
Triceps
Jika anda ingin lengan anda terlihat lebih besar, otot triceps ini akan lebih berguna dibandingkan otot biceps anda karena 2/3 dari lengan anda sebenarnya terdiri dari otot triceps ini.
Selain itu otot triceps yang terbentuk akan berkontribusi pada pembentukan otot dada juga karena banyak latihan dada yang juga menggunakan otot triceps untuk mengangkat beban.
Biceps
Otot ini berseberangan dengan otot triceps tapi saling menunjang. Dengan terbentuknya otot biceps maka lengan anda akan terlihat sangat “penuh”!
Abdomen
Perut bisa dibilang hiasan terbaik dari tubuh. Banyak yang mengejarnya tapi salah dalam melakukannya. Anda bisa saja melakukan ratusan sit up tanpa memperoleh six pack yang diinginkan. Kombinasi dengan pengaturan makanan tentu sangat diperlukan.
Program Latihan Dasar:
Program ini menggunakan latihan dasar yang digunakan oleh para bodybuilder sejak dulu dan latihan ini sangatlah efektif karena banyak bagian otot yang terlatih bersamaan.
Hari 1 dan 4:
Military Press 12 reps x 4 set
Front Raises 12 reps x 4 set
Lateral Raises 12 reps x 4 set
Bentover Lateral Raises 12 reps x 4 set
Crunch 20 reps x 4 set


Hari 2 dan 5:
Pull ups 8 reps x 4 set (genggaman lebih lebar dari bahu  1 telapak tangan)
Pull ups 8 reps x 4 set (genggaman selebar bahu)
Bench Press 12 reps x 4 set (genggaman lebih lebar dari bahu  1 telapak tangan)
Bench Press 12 reps x 4 set (genggaman selebar bahu)
Incline Bench Press 12 reps x 4 set (genggaman lebih lebar dari bahu  1 telapak tangan)
Crunch 20 reps x 4 set

Sumber:http://www.akubugar.com/index.php?option=com_content&view=article&id=297:7-kelompok-otot-besar&catid=40:latihan-olahraga&Itemid=3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar